Meningkatkan Kemampuan Berbahasa melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Loyok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada kelompok A TK Dharma Wanita Loyok melalui permainan kartu kata bergambar. Permainan kartu kata bergambar ini merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada kelompok A TK Dharma Wanita Loyok Tahun Pelajaran 2016/2017 Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa, dan guru diharapkan lebih kreatif dalam melaksanakan tindakan pada setiap kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meggunakan model Suharsimi Arikunto. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Loyok Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 6 orang anak laki laki dan 9 orang anak perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa melalui permainan kartu kata bergambar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa dokumentasi dan observasi, dan sumber data dalam penelitian ini adalah berasal dari guru sekaligus sebagai peneliti dan anak kelompok A TK Dharma Wanita Loyok Tahun Pelajaran 2016/2017. sedangkan tehnik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu dari Pra Siklus ke siklus I sebesar 21,94% dan dari Siklus I ke Sklus II meningkat 23,34 %,(68,88% ketuntasan pada siklus I Menjadi 92,22% pada siklus II). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Permainan Kartu Kata Bergambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar anak pada Bidang Pengembangan Berbahasa dengan ketuntasan mencapai 92,22% pada siklus II.