Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Gambar dan Simbol pada Kelompok B TK Muslimat NW Sikur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui bermain gambar dan simbol pada kelompok B TK Muslimat NW Sikur kecamatan Sikur tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Muslimat NW Sikur.. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 25% pada siklus I dan meningkat menjadi  85% pada siklus II. Aktivitas guru juga meningkat dengan nilai rata-rata 3 meningkat menjadi 4 pada siklus II. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan permainan gambar dan simbol dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak