Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dan Motivasi Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) Metode Teka Teki Silang (TTS) Kelas XI IPA Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Fisika dan motivasi siswa, mengetahui efektivitas metode Teka Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa, kelas XI IPA semester II SMAN 1 Bantan tahun pelajaran 2010/2011.Teknik pembelajaran adalah menerapkan Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa metode Teka Teki Silang (TTS). Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas ini adalah data hasil belajar siswa, yaitu aspek kognitif. Analisis data yang penulis gunakan adalah adalah ketuntasan belajar atau analisis persentase.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rerata hasil belajar dan daya serap siswa. Aspek kognitif pada siklus II mengalami peningkatan sebesar (10 %), sedangkan daya serap siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar (5%).