FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Kemampuan kognitif adalah merupakan dasar bagi perkembangan intelegensi pada anak. Kognisi itu sendiri adalah konsep umum yang mencakup semua bentuk mengenal, termasuk di dalamnya mengamati, melihat memperhatikan, memberikan, menyangka, membayangkan, memperkirakan, menduga dan menilai. Kemampuan kognitif di Taman Kanak-Kanak masih perlu ditingkatkan. Kegiatan dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kognitif siswa seperti, mengenal klasifikasi sementara, mengenal bilangan, mengenal bentuk geometri, memecahkan masalah sederhana, mengenal konsep ruang, mengenal ukuran dan mengenal konsep waktu, mengenal konsep-konsep sains dan mengenal berbagai pola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi pada anak. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 19 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki, 12 anak perempuan. Berdasarkan analisis yang didapat dari observasi terhadap anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Garuda II Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara dapat dilihat dari 19 anak, bahwa: indikator mengenal klasifikasi sementara yaitu 63.16% kategori cukup. Indikator dapat mengenal konsep-konsep sains yaitu 78.07% dengan kategori baik. Indikator dapat mengenal bilangan yaitu 71.93% kategori cukup. Indikator dapat mengenal bentuk geometri yaitu 75.44% dengan kategori cukup. Indikator memecahkan masalah sederhana yaitu 71.35% dengan kategori cukup. Indikator mengenal konsep ruang hanya 57.89% kategori cukup. Indikator mengenal ukuran yaitu 68.86% kategori cukup. Indikator mengenal konsep waktu yaitu 68.42% kategori cukup. Sedangkan indikator mengenal berbagai pola dengan persentase 82.46% dengan kategori baik. Dari semua hasil indikator secara keseluruhan rata-rata 70.84% kategori cukup. Berdasarkan dari hasil kesimpulan terlihat bahwa indikator yang paling rendah kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah mengenal konsep ruang.