KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA PAUD DI TK QURROTA AYUN PEKANBARU

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui: 1) kepuasan orang tua siswa terhadap pendidik di TK Qurrota Ayun Pekanbaru; 2) kepuasan orang tua siswa terhadap sarana, prasarana dan pengelolalaan di TK Qurrota Ayun Pekanbaru; 3) kepuasan orang tua  siswa terhadap standar isi,  proses dan penilaian di TK Qurrota Ayun; 4) kepuasan orang tua siswa terhadap tingkat pencapaian perkembangan di TK Qurrota Ayun Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa di TK Qurrota Ayun sebanyak 138. Sampel diambil berdasarkan rumus Isaac and Michael dengan sampling error 5% sehingga didapatkan sampel sejumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan professional judgement, kemudian dilanjutkan dengan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan univariate analysis of the  satisfaction  atributes. Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kepuasan orang tua terhadap pendidik perolehan skor tertinggi pada aspek cara guru menyambut kedatangan anak dan mendampingi saat penjemputan, dan skor terendah pada aspek cara guru berkomunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak,  masing-masing yaitu 3,44 dan 2,98. 2) kepuasan orang tua terhadap sarana, prasarana dan pengelolaan untuk perolehan skor tertinggi pada aspek cara sekolah melibatkan orang tua dalam program sekolah, skor terendah dicapai ada aspek kesesuaian penataan ruang kelas dengan kebutuhan anak. Masing-masing yaitu 3,13 dan 2,6. 3) kepuasan orang tua terhadap standar isi, proses dan penilaian perolehan skor tertinggi  pada aspek kesesuaian variasi kegiatan ekstrakurikuler dengan minat anak. Skor terendah pada aspek cara sekolah menampilkan dokumentasi kegiatan sekolah, masing-masing yaitu 3,17 dan 2,77. 4) kepuasan orang tua  terhadap tingkat pencapaian perkembangan perolehan skor tertinggi pada aspek penambahan kemampuan anak untuk beradaptasi dengan teman, membantu teman dan berbagi. Skor terendah pada aspek cara sekolah dalam memantau kesehatan pertumbuhan fisik anak, masing-masing yaitu 3,11 dan 2,9.