Analisis Kesiapan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Dalam Membuka Kelas Internasional Tahun 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri SUSKA Riau dalam membuka kelas Internasional Tahun 2017, dilihat dari segi input, proses dan output. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi berdasarkan data evaluasi diri Prodi, rencana strategis dan laporan yang di buat oleh pengelola kelas internasional. Guna meningkatkan validitas dan signifikansi hasil, data terkumpul di konfirmasi dengan wawancara dan observasi lapangan. Dari hasil penelitian bahwa dari ketiga kesiapan yaitu dari segi input, proses dan ouput belum menunjukkan kondisi empirik/kesiapan yang sesungguhnya. Kondisi ini juga menunjukan bahwa secara ideal kesiapan dalam membuka kelas Muatan Internasional belum siap.