PERANAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG ISLAMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UIN SUSKA RIAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran kewirausahaan dalam membentuk karakter yang islami pada mahasiswa jurusan pendidikan IPS program studi Pendidikan ekonomi UIN Suska Riau. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diiperoleh dari lapangan melaui wawancara, observasi, kuisioner. Koresponden yaitu mahasiswa-mahasiswa di perguruan tinggi di jurusan Pendidikan IPS program studi Pendidikan ekonomi UIN Suska Riau .Dan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1. Pemahaman Mahasiswa pendidikan Ekonomi Tentang Kewirausahaan yaitu (a) sebagian besar mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau memahami konsep kewirausahaan. Hal ini di buktikan dari 238 mahasiswa 233 (97,90%) diantaranya tahu tentang Kewirausahaan (Entrepreneurship); (b) Sebagian besar mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi pernah melaksanakan kegiatan kewirausahaan (Entrepreneurship) sebanyak 232 mahasiswa (97,48%) dari responden mahasiswa 238 orang; (c) sebagian besar mahasiswa mengatakan mengetahui tentang Islam meganjurkan untuk berwirausahaan (Entrepreneurship) sebanyak 177 mahasiswa (74,37%) dari responden mahasiswa 238 orang; 2. Karakter Islami dalam kewirausahaan (Entrepreneurship) yang Terbentuk yaitu (a) Diperoleh sebanyak 204 mahasiswa (85,72%) sudah terbentuk karakter kerja keras dari responden mahasiswa 238 orang; (b) Diperoleh sebanyak 191 mahasiswa (80,25%) sudah terbentuk karakter Adil (‘adilun) dari responden mahasiswa 238 orang; (c) Diperoleh sebanyak 200 mahasiswa (84,04%) sudah terbentuk karakter Percaya (amanah) dari responden mahasiswa 238 orang; (d) Diperoleh sebanyak 175 mahasiswa (73,53%) sudah terbentuk karakter Jujur dari responden mahasiswa 238 orang; (f) Diperoleh sebanyak 176 mahasiswa (73,95%) sudah terbentuk karakter Tanggung Jawab dari responden mahasiswa 238 orang; (g) Diperoleh sebanyak 162 mahasiswa (68,06%) sudah terbentuk Karakter Mandiri dari responden mahasiswa 238 orang.