Analisis Pemahaman Matapelajaran Kewirusahaan Terhadap Karakter Kemandirian Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa tentang materi sikap dan perilaku kerja prestatif pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai. Metode penelitian deskriptif kwantitatif dengan metode random sampling serta menggunakan rumus Taro Yamane. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai yang berjumlah 299 orang dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Pengumpulan data diambil melalui tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dumai, dengan kontribusi pemahaman siswa pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap kemandirian siswa adalah 0,386 x 100% = 38,6%, sedangkan 61,4% (100% - 38,6%) dipengaruhi oleh faktor lain. Di mana ro = 0,621, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,232 < 0,621 > 0,302.