Implementasi Etika Bisnis Islam (studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2014 Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bsinis Islam pada bisnis mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2014 Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang telah berbisnis, yaitu sebanyak 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator yang digunakan sebagai alat ukur adalah lima prinsip etika bisnis Islam, yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kebebasan, prinsip amanah dan prinsip kebajikan atau kejujuran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelima prinsip tersebut secara umum telah diimplementasikan pada aktivitas bisnis yang mereka jalankan, walaupun ada beberapa mahasiswa yang masih kurang sesuai dalam penerapan/pengamalan dua prinsip, yaitu prinsip tauhid dan amanah. Namun mereka sebenarnya menerapkan/mengamalkan, hanya saja kurang sesuai. Kata Kunci: Implementasi, Etika Bisnis Islam, Prinsip Etika Bisnis Islam