Pengaruh Kompetensi Guru Rumpun IPS Terhadap Word of Mouth Positif Siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap word of mouth positif siswa di Sekolah Menegah Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang belajar IPS di Sekolah tersebut yang berjumlah sebanyak 660 orang dengan sampel siswa kelas XI IPS yang berjumlah 82 orang dan diambil secara Stratified Purposive Random Sampling. Data diambil dengan menggunakan angket dan setelah dilakukan uji asumsi klasik, dianalisa dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi pedagogik guru rumpun IPS secara statistic mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen word of mouth positif siswa, kompetensi kepribadian guru rumpun IPS secara statistic mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen word of mouth positif siswa, variabel kompetensi sosial guru rumpun IPS secara statistik mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen word of mouth positif siswa, kompetensi professional guru IPS mempengaruhi variabel dependen word of mouth positif dan kompetensi guru IPS secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen word of mouth positif