STUDI KASUS SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 TAMBELANGAN KECAMATAN TAMBELANGAN KABUPATEN SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, mendiskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai perencanaan program, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi akademik di SMP Negeri 3 Tambelangan Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dua orang guru senior, dan sepuluh orang guru negeri dan honorer. Data dihimpun menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perencanaan program yang dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru senior tidak melibatkan semua komponen yang terkait sehingga mempengaruhi terhadap keberhasilan program supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik yang melibatkan kepala sekolah dan guru senior menggunakan metode langsung. Tindak lanjut supervisi sebatas pembinaan dan penguatan terhadap guru. Berdasarkan hasil di atas bahwa kegiatan supervisi akademik oleh kepala sekolah belum tercapai secara efektif untuk meningkatkan hasil pengajaran yang lebih baik.</p>