Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam
Abstract
Supervisi pendidikan atau yang lebih dikenal dengan pengawasan pendidikan memiliki konsep dasar yang saling berhubungan dengan pendidikan. Dalam konsep dasar supervisi pendidikan dijelaskan beberapa dasar-dasar tentang konsep supervisi. Sementara proses pelaksanaan supervisi merupakan rangkaian yang dilaksanakan ketika supervisi dilaksanakan dan upaya yang dilakukan oleh supervisor dalam melihat dan membina seluruh proses pelaksanaan pendidikan.Dalam perkembangannya, supervisi pendidikan memberikan pengaruh yang baik pada perkembangan pendidikan khususnya di Indonesia, terutama pendidikan Islam sehingga tingkat profesionalisme guru dalam mengajar dilakukan dengan baik, baik pada madrasah maupun guru pendidikan agama pada sekolah. Oleh karena itu, supervisi diperlukan dalam proses pendidikan berdasarkan dua hal penting. Pertama, perkembangan kurikulum yang merupakan gejala kemajuan pendidikan. Perkembangan tersebut sering menimbulkan perubahan-perubahan struktur maupun fungsi kurikulum. Oleh karenanya pelaksnaan kurikulum memerlukan penyesuaian terus menerus dangan keadaaan nyata dilapangan. Kedua, pengembangan personel, pegawai, atau karyawan senantiasa merupakan upaya yang terusmenerus dalam suatu organisasi. Jurnal ini membahas hakikat supervisi pendidikan Islam, urgensi supervisi pendidikan Islam, tujuan dan prinsip supervisi pendidikan Islam, serta supervisi dan perubahan pendidikan Islam. Semoga bermanfaat.