Pelayanan Kepala Sekolah terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak

Abstract

Sesuai dengan judul diatas, Pelayanan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu kepala sekolah dituntut trampil dalam memimpin agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa yang tepat untuk meningkatkan layanan Sekolah. Berdasarkan pokok masalah yang penulis ambil yaitu bagaimana Pelayanan kepala sekolah terhadap tenaga pendidik di sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dan apa Faktor pendukung dan penghambat pelayanan kepala sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi, populasi disini yaitu kepala sekolah Dasar Negeri 01 dan guru-guru berjumlah 31 orang.Seorang kepala sekolah dikatakan mampu melaksanakan tugasnya sebagai manejer dapat dikategorikan sebagai berikut yaitu Kepala sekolah melayani Tenaga Pendidik/kependidikan dengan sopan dan keramahtamahan, kepala sekolah memberikan kemudahan kepada Tenaga Pendidik/kependidikan dalam memberikan pelayanan, kepala sekolah memberikan kenyamanan dalam melayani Tenaga Pendidik/kependidikan, kepala sekolah menerima dan mempertimbangkan saran yang diberikan Tenaga Pendidik/ kependidikan, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikandalam menyusun program sekolah, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikan dalam membuat kebijakan sekolah, tenaga Pendidik/ kependidikan merasa puas ketika berurusan dengan kepala sekolah, kepala sekolah berkomunikasi dengan baik dengan Tenaga Pendidik/kependidikan.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwasanya Pelayanan Kepala Sekolah Terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dengan porsentase ( 63.35) dengan kategori “mampu” .