Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 9 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi index card match. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 9 Pekanbaru dengan penerapan strategi index card match. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 semester II tahun ajaran 2017/2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peneliti, observer, dan siswa kelas V tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 12 orang siswa atau 54,55%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 16 orang siswa atau 72,73%. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 90,91%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 9 Pekanbaru.