PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (MASALAH SOSIAL) DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TINDAKAN REFLEKTIF

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV SDN 012 Bukit Raya Kec. Tenayan Raya Pekanbaru  melalui penerapan metode diskusi dengan tindakan reflektif. Subjek penelitian  adalah  guru dan siswa kelas IV SD Negeri 012 Bukit Raya Kec. Tenayan Raya Pekanbaru. Metode diskusi dengan tindakan reflektif adalah paduan metode diskusi dengan pembelajaran reflektif, adapun metode diskusi adalah suatu cara atau proses penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan  atau penyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah, sedangkan pembelajaran reflektif merupakan bagian dari lima system pembelajaran primer yaitu emosional, sosial, kognitif, fisik dan reflektif. Reflektif adalah respon terhadap kejadian, aktivitas atau pengetahuan yang baru diterima atau cara berfikir tentang apa yang baru dipelajari, berfikir kebelakang tentang apa yang sudah dipelajari dan dilakukan masa lalu.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 39 siswa sebanyak 23 orang siswa (58%) mencapai KKM dan pada siklus II meningkat menjadi 38 orang siswa (97%), sehingga dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran  dengan penerapan metode diskusi dengan tindakan reflektif mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok pembahasan masalah sosial.