Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Kooperatif Learning Tipe Team Game Tournamen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan dari diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode kooperatif Learning tipe TGT (Teams Games Tournaments). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Perbaikan pembelajaran diadakan di kelas VI SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 23 orang dengan sfesifikasi antara lain 11 orang siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan metode kooperatif Learning tipe TGT maka pembelajaran semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mencapai batas nilai ketuntasan semakin meningkat untuk setiap siklusnya. Pada prasiklus jumlah siswa yang tuntas hanya 12 orang siswa, pada siklus I meningkat menjadi 17 orang siswa dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 orang siswa atau 100%. Dengan meningkatkan perolehan nilai siswa maka nilai rata-rata siswa juga meningkat untuk setiap siklusnya. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 56,09 dan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63,48 sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan lagi menjadi 81,30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif Learning tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi pada mata pelajaran Matematika.