UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VA SDN 001 PULAU DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode konvensionalnya seperti ceramah dan mengerjakan soal yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi, kurang semangat dan tidak aktif bertanya dalam kelas ketika penyampaian materi pembelajaran dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V A SDN 001 Pulau dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 001 Pulau yang berjumlah 25 orang terdiri dari siswa laki–laki 11 orang dan siswa perempuan 14 orang. Alat ukur yang dipakai adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, serta ketuntasan belajar. Rata–rata aktivitas guru pada siklus pertama adalah 70,92% (baik). Pada siklus kedua adalah 77,92 % (baik). Pada siklus ketiga adalah 79,48 % (baik). Rata–rata hasil belajar pada siklus pertama adalah 56,92 % (cukup). Pada siklus kedua adalah 73,84 % (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V A SDN 001 Pulau. Bagi guru yang selama ini masih menggunakan metode pembelajaran dengan verbal (ceramah), agar dapat mengganti dengan model pembelajaran yang lain yang lebih variatif seperti model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Dengan model pembelajaran yang baru siswa akan lebih aktif dan bersemangat dalam belajar.