Penerapan Model Pembelajaran Science, Technology and Society untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hanin Kecamatan Tualang Kabupaten Siak

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan proses peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam melalui Model Pembelajaran  Science, Technology and Society di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hanin Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses peserta didik, dimana 16,66% saja siswa yang  mampu untuk  mengamati, mengkomunikasikan, mengkasifikasikan, mengukur, memprediksikan dan menyimpulkan dengan baik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 12 peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al-Hanin Kecamatan Tualan Kabupaten Siak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian  menunjukkan setelah diterapkan model pembelajaran Science, Technology and Society pada siklus I keterampilan proses peserta didik mencapai 65,95% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II  menjadi  82,80 % dengan kategori baik, demkian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Science, Technology and Society dapat meningkatkan keterampilan proses.