Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Kooperatif Learning Tipe Team Game Tournamen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan diadakan perbaikan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap semua materi yang diajarkan dengan menggunakan metode kooperatif Learning tipe TGT (Teams Games Tournaments). Perbaikan pembelajaran diadakan di kelas VI SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 23 orang dengan sfesifikasi antara lain 11 orang siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan metode kooperatif Learning tipe TGT maka pembelajaran semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mencapai batas nilai ketuntasan semakin meningkat untuk setiap siklusnya. Pada prasiklus jumlah siswa yang tuntas hanya 12 orang siswa, pada siklus I meningkat menjadi 17 orang siswa dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 orang siswa atau 100%. Dengan meningkatkan perolehan nilai siswa maka nilai rata-rata siswa juga meningkat untuk setiap siklusnya. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa hanya 56,09 dan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63,48 sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan lagi menjadi 81,30.