UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MATODE MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS III DI SDN 008 KUALA ENOK

Abstract

Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Namun, pada kenyataannya kemampuan membaca di Indonesia masih tergolong rendah dan memerlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode membaca nyaring. Desain penelitian ini menggunakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD 008 Kuala Enok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes.   Teknik analisis data yang digunakan yaitu deksriptif  kualitatif dan deskriptif  kuantitatif.  Hasil penelitian secara umum menujukkan bahwa metode membaca nyaring dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD 008 Kuala Enok. Sedangkan secara khusus hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan membaca siswa pada setiap siklusnya, (1) pada pra siklus hanya 25% siswa, (2) pada siklus 1 meningkat menjadi 43% siswa, (3) pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 71% siswa, (4) dan pada siklus 3 hampir seluruh siswa memiliki kemampuan membaca yaitu ada 86% siswa.