MALE GAZE DALAM FOTOGRAFI MODEL: OBJEKTIFIKASI DAN KOMERSIALISASI TUBUH PEREMPUAN

Abstract

Kajian paper ini menggunakan teori psikoanalistik “male gaze” oleh Laura Mulvey untuk menganalisis objektifikasi perempuan dalam genre fotografi model. Metode yang digunakan adalah wawancara respatoris. Informan terdiri dari fotografer dari tiga daerah yaitu Yogyakarta, Makassar dan Kendari untuk mendapatkan data yang subjektif. Hasil kajian menunjukkan bahwa photographer mempunyai kekuasaan terhadap perempuan sebagai objek foto. Perempuan adalah suatu objek seksual hasil konstruk kaum laki-laki untuk ditonton laki-laki lain. Laki-laki sebagai Fotografer mengabungkan tatapannya dengan tatapan spektator dalam mengobjektifikasi perempuan. Dengan dimediasi oleh teknologi kamera objektifikasi terhadap perempuan tersebut ternormalisasikan. Sebagai konsekuensinya representasi perempuan  masih dikonstruksi oleh hegemoni laki-laki; perempuan berusaha terus-menerus untuk meyesuaikan diri untuk hidup dalam dunia laki-laki. Dominasi laki-laki terhadap perempuan dalam fotografi model adalah bentuk dari kekuatan phallocentrism.