KOMUNIKASI PENDIDIKAN BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR
Abstract
Komunikasi Pendidikan menjadi salah satu keilmuan yang dilakukan dalam rangka peningkatan di dunia pendidikan. Salah satu modelnya yaitu Blended Learning yaitu suatu komunikasi pembelajaran yang menggabungkan penerapan pembelajaran tradisional di dalam kelas dengan pembelajaran online yang memanfaatkan teknologi informasi. Model pembelajaran ini mengoptimalkan pengintegrasian komunikasi lisan yang ada pada pembelajaran tatap muka dengan komunikasi tertulis pada pembelajaran online. Lebih lanjut pengertian lain dari Blended Learning merupakan pembelajaran yang bersifat fleksibel salain itu penggunaan e-learning atau pembelajaran online merupakan saah satu bentuk contoh pembelajaran yang fleksibel dalam metode Blended Learning. Penerapan model ini mampu meningkatkan mutualitas serta kualitas pembelajaran. Pemblajaran ini dapat menunjukan perbedaan yang lebih baik dalam segi motivasi, minat, maupun hasil belajar peserta didik dibanding metode-metode lain terutama metode dalam pembelajaran langsung, sehingga metode Blended Learning berhasil menjadi trend dan banyak digunakan di perguruan tinggi terkemuka di dunia. Menurut Vernadakis, et al (2012) model pembelajaran Blended Learning mampu menciptakan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik. Dalam proses pelaksanaannya, dengan keterlibatan dan partisipasi dalam proses pembelajaran, Blended Learning dapat meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik. Selain itu, adanya interaksi dalam model pembelajaran Blended Learning menciptakan suatu motif kepada peserta didik untuk berkompetisi dalam belajar.