Pumping Teacher dalam Tantangan Pendidikan Abad 21

Abstract

IndonesiaPendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran pumping teacher dalam menangani pendidikan abad 21. Metode:  Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan cara menelusuri berbagai sumber referensi secara kritis untuk mendapatkan data yang utuh dan dapat dipercayai. Hasil: Guru bukan hanya mampu digugu dan ditiru, tetapi mampu memberikan motivasi kepada anak didiknya agar semangat dalam belajar. Oleh karena itu, guru harus bisa menjadi pumping teacher dengan gaya belajar biofili. Dengan adanya semangat guru dalam mengajar, sehingga tertanam konsep dalam hati guru bahwa mengajar dari hati bukan mengejar materi. Sehingga dapat menciptakan anak didik yang beriman, berilmu, bertakwa dan berkarakter yang siap menghadapi tantangan pendidikan di abad 21 ini. EnglishIntroduction: This article aims to examine how the role of pumping teacher in 21st century education. Method: This research uses literature review method by tracing various reference critically to get the valid and reliable data. Result:  The role of teachers is not enough to be person followed and imitated, but they have to give motivation to their students in order to spirit in learning. Therefore, the teacher should be able to be a pumping teacher with the learning style of biofili. With the spirit of teachers in teaching, so teachers do the concept that teaching from the heart and they are not pursuing the material. So that, they can drive students who are faithful, knowledgeable, cautious and character who is ready to face the challenges of education in the 21st century.