PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA/I PGMI
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menguji signifikasi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis Mahasiswa/i PGMI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen melalui Posttest-Only Control Design. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Kalimantan MAB. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i PGMI semester 3, sedangkan sampelnya adalah mahasiswa kelas Banjarmasin dan Banjarbaru yang berjumlah 48 orang. Kelas Banjarmasin dipilih sebagai kelas eksperimen atau tempat diterapkannya model pembelajran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik, sedangkan kelas Banjarbaru dipilih sebagai kelas kontrol atau tempat diterapkannya model pembelajaran lama, yakni model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analalisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis adalah uji-t independen, yaitu dengan membandingkan kemampuan berpikir matematis mahasiswa/I kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan mahasiswa/i kelas eksperimen dengan mahasiswa kelas eksperimen (Sig. 0.00 < 0,05), yakni nilai rata-rata kemampuan mahasiswa/i kelas eksperiman (3.3333) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kemampuan mahasiswa/i kelas kontrol (2.5278). Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa/i.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berfikir Kritis, Matematika, PGMI THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING WITH SCIENTIFIC APPROACH TOWARD MADRASAH IBTIDAIYAH TEACHER EDUCATION STUDENTS’ MATHEMATICS CRITICAL THINKINGAbstract: The main purpose of this study is to identify the effect of problem based learning with scientific approach toward Madrasah Ibtidaiyah teacher education students’ mathematic critical thinking. A quasi experiment research through Posttest-Only Control Design was implemented in this study to achieve this purpose. This research was conducted at Islamic University of Kalimantan MAB. The population is third semester of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Students and the sample was used in this research are Banjarmasin and Banjarbaru students consist of 48 people. Banjarmasin Class is a experiment class that is treated by using problem-based learning model with scientific approach, and Banjarbaru class is a control class that given by using expository model. Observation and test was used as instrument in this study. Independent T-Test was used for analyse the effect of problem based learning with scientific approach toward madrasah ibtidaiyah teacher education students’ mathematic critical thinking. The results of this study was a significant difference between the ability of the students in experimental class and the experimental class students (Sig. 0.00 <0.05), ie the average score of students' ability in experimental class (3.3333) average is higher than average score of students' ability in control class (2.5278). Thus, there is the effect of problem-based learning model with scientific approach to students' mathematical critical thinking skills.Keywords: Problem Based Learning, Scientific Approach, Critical Thinking, Mathematics, Madrasah Ibtidayah Teacher Education