HUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI

Abstract

Indonesia: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara berpikir kritis dan pemahaman bacaan dengan kemampuan menulis argumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 03, 04, 05, 07, 08 Kota Banyumudal Pemalang. Instrumen yang digunakan adalah tes esai dan rubrik keterampilan menulis argumentasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) berpikir kritis memiliki hubungan positif dengan hasil kemampuan menulis argumentasi dengan nilai r=0,421, koefesien determinasi 0,1772, dan peresamaan regresi Ŷ=15,106 + 0,114x1  2) membaca pemahaman memiliki hubungan positif dengan kemampuan menulis argumentasi dengan nilai r=0,439, koefesien determinasi 0,1927, dan persamaan regresi Ŷ=13,18+0,516X2, 3) berpikir kritis dan membaca pemahaman secara bersama-sama berhubungan positif dengan kemampuan menulis argumentasi dengan r=0,559, koefesien determinasi 0,3124, dan persamaan regresi ganda Ŷ=4,428+0,096X1+0,445X2. Kesimpulan  penelitian ini adalah berpikir kritis memberikan kontribusi yang lebih besar kepada kemampuan menulis argumen dibandingkan dengan pemahaman bacaan.Kata Kunci: keterampilan menulis argumentasi; berpikir kritis; membaca pemahaman; siswa Sekolah Dasar THE RELATIONSHIP OF CRITICAL THINKING AND READING COMPREHENSION TOWARD ARGUMENTATIVE WRITING ABILITY English: The aims of this study was to determine the relationship of critical thinking and reading comprehension toward the argumentative writing ability. The subjects of this study were students of SDN 03, 04, 05, 07 08 Banyumudal City Pemalang. The instrument used is essay test and rubric of argumentation writing skills. Research data were analyzed with simple correlation techniques. The results of the study found that: 1) critical thinking has a positive relationship with the results of the ability to write arguments with a value of r = 0.421, the determination coefficient 0.1772, and the regression equation Ŷ = 15.106 + 0.114x1 2) reading comprehension has a positive relationship with the ability to write arguments with the value of r = 0.439, the determination coefficient of 0.1927, and the regression equation Ŷ = 13.18 + 0.516X2, 3) critical thinking and reading comprehension together are positively related to the ability to write arguments with r = 0.559, the determination coefficient of 0.3124 , and the multiple regression equation Ŷ = 4,428 + 0,096X1 + 0,445X2. The conclusion of this study is that critical thinking contributes more to the ability to write arguments compared to reading comprehension.Keywords: argumentation writing skills; critical thinking; reading comprehension; Elementary School students