Pengembangan Buku Ajar Berbasis Alquran dan Hadis

Abstract

IndonesiaPendahuluan: Pengembangan buku ajar berbasis Alquran dan Hadis di Madrasah Ibtidaiyah ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya bahan ajar yang terintegrasi dengan Alquran dan Hadis. Pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat memenuhi tersedianya buku ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Metode:Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick & Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Hasil penelitian: Penelitian ini telah menghasilkan buku ajar tema “Tempat Tinggalku” berbasis Alquran dan Hadis. Kesimpulan: Buku ajar yang dihasilkan termasuk dalam kategori layak digunakan untuk sistem pembelajaran tematik terpadu berbasis Alquran dan Hadis. EnglishIntroduction: The reality of Islamic Elementary School textbooks which consist of Al-Quran and Hadist is not provide yet. This research aims to develop Islamic Elementary School textbooks which consist of Al-Quran and Hadist to improve students’ achievement in Islamic Elementary School. Method: Research and Development (R & D) with ten steps of development procedure by Dick and Carey Model was used in this research. Result: This research had produced textbook based on Alquran and Hadist which have theme “Tempat Tinggalku”. Conclusion: The textbook which consist of Alquran and Hadist is being developed and having good qualification achievement, so that  it is good to use in the thematic learning.