Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya)

Abstract

IndonesiaPendahuluan:  Artikel ini bertujuan untuk mengkaji potret kompetensi TIK guru SD/MI, faktor-faktornya, dan strategi meningkatkannya. Metode: Tulisan ini merupakan kajian pustaka untuk menganalisis berbagai hal yang berkaitan dengan kompetensi TIK Guru SD/MI. Hasil: Gambaran kompetensi TIK guru SD/MI di Indonesia berada dalam kategori cukup dan perlu ditingkatkan, khususnya guru yang berada di daerah-daerah terluar. Beberapa aspek kompetensi TIK guru yang menjadi perhatian adalah penguasaan terhadap perangkat TIK, pemahaman tentang desain pengembangan bahan ajar menggunakan TIK, dan metode penggunaan perangkat TIK di kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi TIK guru terbagi menjadi dua bagian, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri guru dan dari luar diri guru. Strategi peningkatan kompetensi TIK guru harus melibatkan pemerintah, sekolah, guru, organisasi profesi, dan masyarakat, yaitu: 1) pemerintah pusat dan daerah harus berkolaborasi dalam membuat kebijakan dan relugasi tentang penggunaan TIK di sekolah, menyediakan dana untuk pelatihan guru dan peningkatan infrastruktur TIK; 2) sekolah harus memiliki rencana peningkatan kompetensi TIK guru dan infrastruktur pendukungnya, 3) guru harus terbuka terhadap perubahan, percaya diri, dan memiliki semangat belajar mandiri, 4) organisasi profesi guru harus mewadahi guru dalam meningkatkan kompetensi TIK guru, dan 7) masyarakat mendukung program peningkatan infrastruktur sekolah dan kompetensi TIK guru. EnglishIntroduction:   This article aims to discuss the description of Teacher ICT competency, its factors, and strategies to improve it. Method: This paper uses a literature review to analyze the ICT competence of Elementary School Teachers. Results: Description of the ICT competence of Elementary School Teachers in Indonesia is medium category and needs to be improved, especially teachers located in the outermost areas. Some aspects of teacher's ICT competency that are of concern are the mastery of ICT tools, an understanding of the design of developing teaching materials using ICTs, and methods of using ICT tools in the classroom. Factors affecting ICT competence of Teacher divided into two parts: the factors coming from inside teacher self and from outside the teacher self. The strategies of increasing ICT competence of Teacher should involve governments, schools, teachers, professional organizations, and communities, namely: 1) central and local governments should collaborate on making policy and relugation on the use of ICTs in schools, provide budget for teacher training and ICT infrastructure improvements; 2) the school should have a plan to improve the ICT competence of teachers and supporting infrastructure, 3) teachers should be open minded to change, confident, and have independent learning spirit, 4) professional organizations teachers should accommodate the improving of ICT competence of Teacher, 7) society should support improvement of school infrastructure and ICT competencies of Teacher.