Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Islam
Abstract
Bahasa Indonesia:Pendahuluan: Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar tematik tematik bernuansa Islami dan meneliti keefektifan, keefesienan dan kemenarikan buku ajar yang dikembangkan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain Dick and Lou Carey. Hasil: Buku ajar yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang tinggi dengan ditunjukkan oleh peningkatan hasil post tes sebesar 17,65% di banding hasil pre test. yaitu dari 69,40% - 87,05%. Penggunaan buku ajar tematik terpadu kurang efisien pada siswa yang kurang lancar membaca. Buku ajar memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi. Kesimpulan: Buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi unsur kebutuhan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik terpadu. English:Introduction: This article aims to develop thematic texbook thematic texbook nuances of Islamic and evaluate the effectiveness, efficiency and attractiveness of the developed. Methods: This study used research and development method developed by Dick and Lou Carey. Results: Textbook developed has a high degree of effectiveness demonstrated by increasing post-test results of 17.65% was compared to the pre-test results. that is from 69.40% - 87.05%. The use of integrated thematic texbook was less efficient on students who are not fluent in reading. Textbook have the attractiveness of the high level. Conclusion: Textbook developed have fulfilled elements of learning needs, especially on thematic learning with integrated thematic approach.