PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN DALAM MENANAMKAN POLA PIKIR SAINS ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Indonesia: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan dan hasil penerapan pengembangan strategi pembelajaran permainan tradisional boi-boian dalam menanamkan pola pikir sains anak sekolah dasar.Desain pengembangan yang diterapkan peneliti adalah desain research and development yang dikembangkan oleh R. Walter Gall, JP. Gall dan WR. Borg. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan: strategi pembelajaran yang dipilih guru lebih menekankan pada metode ceramah, dikte dan hafalan sehingga belum mampu menanamkan pola pikir sains secara maksimal. Pola pikir peserta didik cenderung pasif; Guru belum pernah menerapkan strategi pembelajaran kooperatif; Pengujian perbedaan hasil evaluasi penggunaan strategi dengan independent sample t-test menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu dengan nilai t hitung > dari pada t tabel (2,226> 2,015) dan P value (0,03 < 0,05) dengan rata-rata nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen (78.96 < 82.57), serta dinyatakan lebih aktif dalam hal mengamati, menanya, berargumen, mendengarkan dan kepercayaan diri. Kata Kunci: strategi; permainan boi-boian; pola pikir sains; sekolah dasar DEVELOPING TRADITIONAL GAME OF BOI-BOIAN TO IMPLANT SCIENTIFIC THINKING IN CHILDREN OF ELEMENTARY SCHOOL English: This research doing aimed to know the developing stage and the result of implementing the development traditional game boi-boian as an strategy to implant scientific thinking in children of elementary school. The implementation design from the researcher here is research and development version Borg and Gall consists of 10 stages. Analysis result needed from teachers and students shows that: teaching strategies selected more emphasis on lecturing, dictation and memorization methods,so as not to be able to implant the scientific thinking to the fullest. Mindset learners tend to be passive, the teacher never implemented cooperative learning strategie. The calculation using independent sample t-test shows the result that there is significant difference of the value between the control class and the experiment class, that is the t-count is greater than t-table (2,226> 2,015) and P value (0,03 < 0,05), and the average control and experiment class (78.96 < 82.57) andexperiment class is more active.Keywords: strategy; boi-boian game; scientific thinking; elementary school