Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam

Abstract

IndonesiaPendahuluan:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi  pendidikan karakter dalam kurikulum PAI serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode: Penelitian ini adalah adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: Internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI telah diterapkan pada dokumen perencanaan pembelajaran. Nilai-nilai karakter yang dimasukkan dalam kurikulum pendidikan agama Islam adalah karakter religius, disiplin, tanggungjawab dan bersahabat/ komunikatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi Pendidikan karakter adalah faktor berlatar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru, kesiapan, kemampuan, motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan dukungan lingkungan. EnglishIntroduction: This research aims to determine how the internalization of character education on the curriculum of Islamic education and the factors influencing it in Integration Islamic Elementary School (SDIT) Qurrata ‘Ayun Kandangan. Method: This research is qualitative. Result: Internalization of character education for learning Islamic education has been done on document of lesson plan. The values of character founded on curriculum Islamic education is religius, discipline, responsibilities and friendly/ communicative.  Factors influencing internalization character education is a factor of educational background and teacher teaching experience, readiness, ability, motivation of student on following learning, and environmental support.