Prototype Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Fakultas Dengan Menggunakan Balanced Scorecard Studi Kasus: Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Jakarta
Abstract
ABSTRAK Pengukuran kinerja adalah hal yang penting bagi manajemen dalam melakukan evaluasi performa dan perencanaan perguruan tinggi. Salah satu metode untuk mengukur kinerja tersebut adalah dengan balanced scorecard. Fakultas Sains dan Teknologi sebagai sebuah fakultas yang memiliki visi dan misi belum memanfaatkan Sistem Pengukuran Kinerja (SPK) untuk mengetahui sudah sejauh mana visi dan misi itu terlaksana. SPK yang baik haruslah terintegrasi untuk semua unit dan aktivitas di fakultas . Indikator kinerja yang terbentuk tidak hanya berupa indikator kinerja finansial (keuangan) tetapi juga indikator kinerja nonfinansial. Oleh karena itu peneliti mencoba merancang system pengukuran kinerja dengan melibatkan indikator kinerja financial dan nonfinansial. Prores perancangan SPK menggunakan model Balanced Scorecard , yaitu keseimbangan antara finansial dan nonfinansial dengan didasarkan pada langkah-langkah (framework) yaitu penetapan arsitek pengukuran, penentuan tujuan strategis (strategic objectives) dari masing-masing perspektif (finansial, pelanggan, proses bisnis internal, belajar dan tumbuh), penentuan Key Performance Indicators (KPI) dan penentuan target. Untuk melakukan penilaian kinerja adalah menggunakan lembar kerja pengukuran kinerja yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan gambaran mengenai kinerja. hasil dari penelitian ini yaitu implementasi dalam bentuk software diharapkan mampu mempercepat proses analisis Balanced Scorecard itu sendiri dan memberikan nilai tambah yaitu berupa competiteve advantage dalam persaingan bisnis, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sistem pendukung keputusan di tingkat manajerial. ABSTRACT Performance measurement is important for management to evaluate the performance and college planning. One method is to measure the performance of the Balanced Scorecard. Faculty of Science and Technology as a faculty that has the vision and mission have not been utilizing the Performance Measurement System (DSS) to determine the extent to which the vision and the mission was accomplished. Good SPK be integrated to all units and activities in the faculty. Performance indicators are formed not only in the form of financial performance indicators (financial) but also non-financial performance indicators. Therefore, researchers tried to design a performance measurement system involving financial and non-financial performance indicators. ProRes DSS design using a model of the Balanced Scorecard, which is a balance between the financial and nonfinancial measures are based on the (framework) that the determination architect measurements, determination of strategic objectives (strategic objectives) of the respective perspectives (financial, customer, internal business processes, learning and growing), the determination of Key Performance Indicators (KPI) and the determination of the target. To conduct performance appraisal is to use performance measurement worksheets are designed such that it can provide a picture of performance. the results of this study are in the form of software implementation is expected to accelerate the analysis process itself and the Balanced Scorecard provide added value in the form of competiteve advantage in a competitive business, so it can be used as a decision support system at the managerial level.