PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN (Pada Kelas XI Jurusan Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara parsial dan simultan terhadap sikap kewirausahaan pada Kelas XI Jurusan Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian  ini  menggunakan rancangan penelitian  kausal.  Teknik  penentuan sampel  yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 sampel. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linier  berganda dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program Sosial Science) versi 17.0. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian pengaruh secara parsial hasil belajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap sikap kewirausahaan ditunjukkan dengan nilai thitung = 9,752 > ttabel = 1,658 dari nilai sig < 0.05 (0.000 < 0.05), pengaruh secara parsial lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap sikap kewirausahaan ditunjukkan dengan nilai thitung= 8,268 > ttabel= 1,658  dari nilai sig < 0.05 (0.000 < 0.05), dan pengaruh secara simultan antara hasil belajar dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap sikap kewirausahaan ditunjukkan dengan nilai Fhitung= 72,174 >Ftabel = 0.361 dari nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05).