PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA SARASWATI SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran talking chips pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Saraswati Singaraja tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan melalui metode tes yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran talking chips dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat dengan kategori aktif pada siklus II. (2) penerapan model pembelajaran talking chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar siklus I sebesar 70,65 dengan kategori cukup selanjutnya meningkat menjadi 80,65 dengan kategori baik pada siklus II.