PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENGETAHUAN PRODUK PADA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN DI SMK N 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang   penggunaan metode pembelajaran guru, aktivitas belajar siswa dan pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode pembelajaran guru terhadap aktivitas belajar pengetahuan produk pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK N 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian  kausal.  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah  proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji t dengan bantuan SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang penggunaan metode pembelajaran guru berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 39%, aktivitas belajar siswa tergolong dalam kategori aktif dengan persentase sebesar 69%, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan metode pembelajaran terhadap aktivitas belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien diterminasi sebesar 0,668  artinya  66,8%  aktivitas  belajar  siswa  dipengaruhi oleh  persepsi  siswa  tentang penggunaan metode pembelajaran guru sedangkan sisanya sebesar 33,2% dipengaruhi oleh faktor lain.