KINERJA GURU SMK WERDHI SILA KUMARA GIANYAR TAHUN 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru di SMK Werdhi Sila Kumara Gianyar yang ditinjau dari empat kompetensi yaitu, pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang bertugas di SMK Werdhi Sila Kumara Gianyar yang berjumlah 91 guru dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 91 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis Miles dan Huberman, dan analisis Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kinerja guru ditinjau dari kompetensi pedagogik terdapat 62 (68%) guru dikategorikan sangat baik dan 29 (32%) guru dikategorikan baik. Kinerja guru ditinjau dari kompetensi kepribadian terdapat 69 (76%) guru dikategorikan sangat baik dan 22 (24%) guru dikategorikan baik. Kinerja guru ditinjau dari kompetensi sosial terdapat 67 (74%) guru dikategorikan sangat baik dan 24 (26%) guru dikategorikan baik. Kinerja guru ditinjau dari kompetensi profesional terdapat 32 (35%) guru dikategorikan sangat baik dan 59 (65%) guru dikategorikan baik.