IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS IX H SMP NEGERI 2 BLAHBATUH TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual pada mata pelajaran IPS (ekonomi) di kelas IX H SMP Negeri 2 Blahbatuh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar pada akhir setiap siklus, sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan cara penyebaran angket/kuesioner. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus I sebesar 55,6%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang telah tuntas adalah sebesar 88,9%, dan respons siswa terhadap implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan media audio visual diperoleh skor rata-rata sebesar 33,53 dengan kategori positif.