PENGARUH BIAYA BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BINTANG BALI INDAH SINGARAJA TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya display, biaya diskon dan biaya penjualan perorangan terhadap volume penjualan pada PT. Bintang Bali Indah Singaraja Tahun 2016, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Subjek penelitian adalah bagian pemasaran, sedangkan objek penelitian adalah data biaya display, biaya diskon, biaya penjualan perorangan dan volume penjualan PT. Bintang Bali Indah Singaraja Tahun 2016. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan dianalisis dengan regresi linier berganda melalui Statistical Program Social Science (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya display tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan ditunjukkan dari nilai thitung < ttabel (- 0.742 < 1,833), biaya diskon berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (2.422 >1,833), biaya penjualan perorangan tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan ditunjukkan dari nilai thitung < ttabel (1.718 < 1.833) dan biaya display, biaya diskon dan biaya penjualan perorangan berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Bintang Bali Indah Singaraja Tahun 2016 ditunjukkan dari nilai Fhitung > Ftabel (5.038 > 1.833).