PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI BALI MANDARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas X terhadap penyelenggaraan pendidikan berbasis sistem  kredit  semester (SKS) di SMA Negeri Bali Mandara  tahun pelajaran 2017/2018 dan penerapan pendidikan berbasis SKS di SMA Negeri Bali Mandara. Jenis penelitian ini adalah  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kuantitatif.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Bali Mandara tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 129 siswa dan sampel ditentukan sebanyak 98 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan wawancara, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi siswa kelas X terhadap penyelenggaraan pendidikan berbasis sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri Bali Mandara tahun pelajaran 2017/2018 adalah setuju dengan adanya penyelenggaraan pendidikan berbasis SKS yang diterapkan sekolah. Penerapan pendidikan berbasis sistem kredit semester (SKS) di SMA Negeri Bali Mandara terselenggara dengan cukup baik. Hal ini dikarenakan adanya faktor- faktor  yang  menjadi  pendukung  terkuat  terselenggaranya  program  SKS  tersebut. Faktor-faktor tersebut meliputi sarana dan prasarana yang memadai, dan sumber daya manusia (SDM) yang juga sangat welcome dengan adanya setiap perubahan sehingga bisa dengan mudah beradaptasi dengan sistem pendidikan yang baru