FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan faktor yang  paling  dominan  mempengaruhi  kesiapan  menjadi  guru  pada  mahasiswa  di Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 yang telah mengikuti tes intelegensi berjumlah 40 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah  dokumentasi  dan  kuesioner.  Data  dianalisis  menggunakan  analisis  faktor dengan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru pada mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 Undiksha, yaitu faktor keadaan jasmani dengan nilai  variance  sebesar  36,538%,  faktor  pendidikan  sekolah  dengan  nilai  variance sebesar 21,209%, faktor minat dengan nilai variance sebesar 14,097%, faktor nilai-nilai kehidupan dengan nilai variance sebesar 7,981%, faktor sifat-sifat dengan nilai variance sebesar 6,909%, faktor pergaulan teman sebaya dengan variance sebesar 5,805%, faktor masyarakat dengan variance sebesar 4,751%, dan faktor pengetahuan dengan variance sebesar 2,710%. Faktor keadaan jasmani menjadi faktor yang paling dominan, karena  memiliki  nilai  varimax  rotation  sebesar  36,538%,  artinya  total  nilai  varimax rotation dari faktor keadaan jasmani mampu menjelaskan kesiapan menjadi guru sebesar 36,538%.