FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA DISTRO LEGEND STORE DI KECAMATAN NUSA PENIDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakor-faktor dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk pada Distro Legend Store di Kecamatan Nusa Penida. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan rancangan penelitian faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Distro Legend Store yang berjumlah 100 orang, yang diambil dengan menggunakan teknik incidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis faktor dengan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk pada Distro Legend Store di Kecamatan Nusa Penida, yaitu faktor pribadi dengan nilai variance sebesar 61,901%, faktor sosial dengan nilai variance sebesar 18,388%, faktor psikologis dengan nilai variance sebesar 15,023%, dan faktor budaya dengan nilai variance sebesar 4,688%. Faktor pribadi menjadi faktor yang paling dominan, karena memiliki nilai varimax rotation sebesar 61,901%, artinya total nilai varimax rotation dari faktor pribadi mampu menjelaskan keputusan pembelian produk pada Distro Legend Store sebesar 61,901%