PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, lingkungan teman sebaya, serta  pengaruh gaya  belajar  dan  lingkungan teman  sebaya terhadap hasil  belajar  mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kausal. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah  stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program Social Science) versi 16.0. Berdasarkan hasil  penelitian menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh  yang  signifikan antara  gaya belajar terhadap hasil belajar ditunjukkan dari nilai sig < 0.05 (0.000<0.05),  terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ditunjukkan dari nilai sig < 0.05 (0.017<0.05), terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan lingkungan teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (28.653>0.361).