Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian deskripif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan kepala sekolah dan guru sebagai informan. Cara untuk mengumpulkan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil kegiatan stimulasi kemampuan berbicara anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera telah terlaksana baik seperti yang diharapkan. Struktur kalimat yang digunakan dalam stimulasi kemampuan berbicara anak adalah kalimat yang mudah dimengerti oleh anak sehingga anak mampu berkomunikasi dengan baik. Cara guru menstimulasi kosa kata dalam kemampuan berbicara anak yaitu guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak sehingga anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dikelas dan tidak merasa terbebani, dengan demikian daya ingat anak akan terstimulasi sehingga anak akan lebih mudah mengingat apa yang dipelajarinya dan dapat menambah kosa kata pada anak. yang digunkan guru dalam pengembangan artikulasi pada kemampuan berbicara anak adalah metode dan keterampilan belajar yang bervariasi.