Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini

Abstract

                                                           Abstract             Islam has taught positive values ​​that are useful in the life of society. But the current condition is very alarming, where the signs of the destruction of a nation formulated by educational leaders already seen in the Indonesian nation. This led to the need for the development of moral-related learning and religious values. This study discusses the moral, character, and how the strategy of developing the values ​​of Religion and morals in accordance with the teachings of Islam. The results show that in Islamic teachings has explained how the process of development of religious values ​​and moral values ​​in early childhood can be applied correctly and appropriately. Researchers found 11 strategies that are important for the development of religious and moral values ​​in early childhood. The strategy can be applied by a teacher at an educational institution or done by a parent at home. The strategy becomes important because besumber of the teachings of Rasulullah SAW and some of them are the opinions of Muslim leaders such as Ms. Taimiyah and Ibn Sina. Kata kunci : Moral, Nilai Agama, Karakter, PAUD   Abstrak Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Tetapi kondisi saat ini sangat memprihatinkan, dimana tanda-tanda kehancuran suatu bangsa yang dirumuskan oleh tokoh pendidikan sudah terlihat pada bangsa Indonesia. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait moral dan  nilai-nilai agama. Penelitian ini membahas mengenai moral, karakter, dan bagaimana strategi pengembangan nilai-nilai Agama dan moral sesuai dengan ajaran Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ajaran Islam telah dijelaskan bagaimana proses pengembangan nili-nilai agama dan moral pada anak usia dini dapat diterapkan dengan benar dan tepat. Peneliti menemukan 11 strategi yang penting bagi pengembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini. Srategi tersebut dapat diterapkan oleh seorang guru di lembaga pendidikan maupun dilakukan oleh orangtua di rumah. Strategi tersebut menjadi penting karena besumber dari ajaran Rasulullah SAW dan beberapa diantaranya adalah pendapat para tokoh muslim seperti Ibu Taimiyah dan Ibnu Sina.