Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka
Abstract
Abstract Inquiry learning strategy is a series of learning activities that involve the ability of students to the maximum in searching, investigating and solving a problem. While naturalist intelligence is the intelligence that one has in recognizing, loving, and preserving the flora, fauna, and the surrounding environment. This study aims to know the application of inquiry strategy strategy in early childhood, to know the naturalist intelligence of early child, to know how influence the use of inquiry learning strategy to the naturalist intelligence of early child. This research uses quantitative research approach with experimental design and pre-test and post test group type. The results of research that has been done by the researcher can be concluded that the use of inquiry learning strategy influence the early child naturalist intelligence Strategi pembelajaran inquiry merupakan suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan kemampuan anak didik secara maksimal dalam mencari, menyelidiki dan memecahan sebuah masalah. Sedangkan kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam mengenali, mencintai, dan menjaga flora, fauna, dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inquiry pada anak usia dini, mengetahui kecerdasan naturalis anak usia dini, serta mengetahui sejauhmana pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inquiry terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian pre experimental design dengan jenis pre-test and post test group. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, kecerdasan naturalis anak usia dini pada kelompok B di TKIT Al-Farisi Majalengka setelah diberikan treatment (strategi pembelajaran inquiry) lebih baik daripada sebelum diberikan treatment. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini Keywords: Inquiry learning strategy, naturalis intellegence, early childhood