DASAR-DASAR KETERAMPILAN MENGAJAR MATEMATIKA

Abstract

<p><strong>Abstrak</strong></p><p>Seorang guru matematika yang efektif adalah guru yang berhasil membawa peserta didiknya mencapai tujuan pembelajaran dan sesuai kaidah yang berlaku dalam pendidikan. Untuk mencapai tingkat efektifitas pembelajaran  matematika guru mempunyai fungsi sebagai narasumber, demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator. Guru harus menguasai ber-bagai keterampilan dasar mengajar yang meliputi: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keteram-pilan menggunakan variasi mengajar, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengajar kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan membimbing diskusi kecil. Dengan demikian seorang guru matematika harus mempunyai keterampilan dasar mengajar. Ini sangat penting sebagai syarat menjadi seorang guru. Seorang guru professional harus mengikuti beberapa pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar agar fungsi pengajaran tercapai dengan baik.</p><p><strong>Abstract</strong></p><p>An effective mathematics teacher is a teacher who managed to bring learners to achieve the learning objectives according to the rules in force in education. To achieve the level of effectiveness of learning math, the teacher has the function as a resource, demonstrator, manager of the class, mediator, facilitator and the evaluator. The teacher must master the basic skills of teaching which include: opening and closing skills lesson, explaining skills, questioning skills, skills using a variation of teaching, provide reinforcement of skills, small group teaching skills, classroom management skills and skills to initiate discussion. Thus, a math teacher should have the basic skills in teaching. It is very important as a condition of becoming a teacher. A professional teacher should follow some training related to teaching basic skills in order to function properly accomplished teaching.</p><p><strong> </strong></p>