EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan efektivitas belajar di perguruan tinggi (studi kasus; diskusi sebagai upaya untuk meningkatkan siswa berpikir kritis di Universitas Muhammadiyah Makassar). Kemampuan diskusi sebagai upaya untuk meningkatkan mahasiswa berfikir kritis, sedangkan menciptakanketerampilan untuk mengantisipasi perubahan global. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur, wawancara dan observasi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi pembelajaran adalah salah satu metode yang disukai. Karena dalam model pembelajaran abstracles, dosen harus profesional dalam mengembangkan metode diskusi untuk mengekspresikan kemampuan mereka, berpikir kritis, menilai perannya dalam diskusi, melihat masalah dari pengalaman dan pelajaran sendiri pelajari. Berdasarkan temuan faktual penelitian ini, ditemukan diskusi sebagai siswa sangat membutuhkan pemeriksaan kritis yang tepat untuk meningkatkan kompetensi dan mahasiswa profesional.Kata Kunci: Efektfitas Belajar, Diskusi ABSTRACTThis research is aimed to    develop the effectiveness of learning in college ( A case study methods discussion as an attempt to improve the critical thingking students Muhammadiyah Univercity of Makassar). The ability of discussion as an attempt to improve the critical thingking students, whereas creating skill to anticipate the global change. This research applied qualitative description approach with literature study method, interview and observation students muhammadiyah university og makassar. The results of this study indicate that the discussion method of learning is one method favored. In this way due to the learning organization abstracles lecturers should be professional in developing the method of discussion to express their ability, critical thinking, assessing its role in the discussion, looking at the problem from his own experiences and lessons learned. Based on the factual findings of this study, it was found the discussion as students desperately need critical examination is right for increased competence and professional students.  Keywords: Learning Affectivities, Discussion