PENILAIAN KINERJA MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Penilaian kinerja guru (PKG) dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memperoleh gambaran tentang pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, yang ditunjukkan dalam penampilan, perbuatan, dan prestasi kerjanya.  Pendekatan penilaian diantaranya penilaian berfokus pegawai, penilaian berdasar perilaku, penilaian berdasar hasil yang dicapai, penilaian global. Hasil penilaian kinerja dapat digunakan oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk melakukan refleksi terkait dengan tugas dan fungsinya dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat.Tujuan penialaian kinerja kepala sekolah yaitu memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsifungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. Aspek yang dinilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah mencakup tiga dimensi yakni komitmen terhadap tugas, pelaksanaan tugas, dan hasil kerja. Instrumen yang digunakan dalam penilaian kinerja adalah skala penilaian (rating scale).  Kata Kunci: Kinerja, Pendidikan Agama Islam ABSTRACT           Teachers evaluation (PKG) can be interpreted as an attempt to gain an overview of the knowledge, skills, values and attitudes of teachers in carrying out its duties and functions, shown in appearance, actions, and work performance. Valuation approaches including employee-focused assessment, behavior-based assessment, an assessment based on the results achieved, the global assessment. Performance evaluation results can be used by teachers, principals, and supervisors for reflection related to the duties and functions in order to provide services to society. Objective evaluation performance of the principal is to obtain data on the implementation of the basic tasks, functions and responsibilities of principals in carrying out the functions managerial and supervisory / oversight at the school. Aspect considered in the assessment of the performance of the principal includes three dimensions, namely commitment to the task, task execution, and results. Instrument used in the performance evaluation is the assessment scale (rating scale). Keyword: Work Performance, Islamic Education