Pengembangan Kurikulum Tahfizh Al Qur'an Di Pondok Pesantren Al Qur'an
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa tujuan sebagai berikut: 1) Menghasilkan dokumen kurikulum Tahfizh Al Qur’an yang layak untuk pondok pesantren Al Qur’an An Nur kota Malang. 2) Mengetahui respon pengguna kurikulum Tahfizh Al Qur’an yang dikembangkan di pondok pesantren An Nur kota Malang. Pengembangan kurikulum pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Beauchamp. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kurikulum yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kelayakan untuk diterapkan di Pondok Pesantren Al Qur’an. 2) Penerapan kurikulum mendapatkan respon positif dari pengguna. Hal yang membedakan kurikulum yang dikembangkan dalam penelitian ini dengan kurikulum lainnya ialah penyusunan isi kurikulum yang berupaya memenuhi kebutuhan ilmu agama, sains dan ilmu Al Qur’an para santri yang notabennya ialah Mahasiswa. Selain itu, kurikulum yang dikembangkan juga memberikan sistem simulasi dalam proses evaluasi, sehingga dapat menstimulus spontanitas santri dalam menghafal Al Qur’an. Saran yang diberikan untuk subjek penelitian ini (pondok pesantren An-Nur) adalah sebagai berikut 1) Menambah fasilitas santri dengan mencari dana dari donator. 2) Penguatan pada disiplin santri, khususnya pada disiplin hafalan 3) Pengadaan sistem evaluasi yang kontinue dan terjadwal setiap bulan untuk mengetahui progres hafalan santri.