Manajemen Pendidikan Islam Prespektif Pedadogik dan Andragogik

Abstract

Manajemen pendidikan Islam prespektif pedadogik dan andragogik berangkat dari bagaimana Islam memandang, mengajarkan, menanamkan dan mewujudkan pendidikan umatnya dalam rangka membangun generasi mandiri melalui konsep persiapan dan perjalanan proses pedagogik sekolah, untuk menjadi mandiri total dengan konsep andragogi sadar perkepribadian mandiri dan berdikari. Dalam Islam, membangun peradaban dimulai dari memilih jodoh (pendidikan). Selanjutnya, pendidikan tersebut diarahkan dalam rangka mencetak (ذرية قرة اعين), dalam hal ini, adalah pendidikan pra, dasar dan menengah. Untuk selanjutnya diarahkan dalam mencapai derajat (متقين), dan ini diraih sempurna lewat pendidikan sarjana (S-1/Sarjana), bahkan derjat (متقين) disempurnakan lagi lewat pendidikan pascasarjana strata dua (S-2/Magister) dan puncaknya adalah (امام) diraih dengan pendidikan di strata tiga (S-3/Doktor). Dan derajat tertinggi (امام) disempurnakan dengan Gelar Profesor di bidang/profesi apapun.