Implementasi Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Marketing Sekolah

Abstract

Pendidikan merupakan lembaga pelayanan publik yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pelayanan prima sebagai upaya meningkatkan marketing sekolah di SDIT Taqiyya Rosyida. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan informan penelitian meliputi guru, siswa, karyawan, dan wali murid. Hasil penelitian ini adalah implementasi pelayanan prima dalam bentuk: 1) Training khusus pelayanan prima, 2) mewujudkan komunikasi ramah, 3) menghidupkan nuansa kekeluargaan, 4) memberikan fasilitas yang memadai, di mana implementasi pelayanan prima tersebut mampu membuat SDIT Taqiyya Rosyida mencapai penerimaan siswa sebanyak 112 yang terbagi dalam 4 rombongan belajar, pada tahun kelima.